Jumat, 30 Juli 2010

Penghalang Kesuksesan

Pada dasarnya manusia memiliki penghalang kesuksesan. Padahal kita diberi modal oleh Allah SWT untuk sukses. Yah, modal kita adalah diri kita, yakni tubuh kita atau anggota badan dan otak kita. Sekarang saya tanya, maukah otak anda saya cabut dan saya beli dan bayar seratus milyar? Tentu anda tidak mau. Apalagi otak, bahkan tangan atau kaki kita pun tidak mau ditukar dengan dana semilyar bahkan setrilyun kecuali orang putus asa atau stres. Nah itulah modal anda, otak dan tubuh anda. Allah SWT menyuruh agar modal itu dapat dimanfaatkan oleh manusia sebaik-baiknya untuk kebutuhan manusia itu sendiri.

Setelah menyadari bahwa modal tersedia meraih kesuksesan jadi apa yang menghalangi manusia hingga tak pernah sukses? Yang menghalangi manusia mencapai kesuksesan padahal dia pantas sukses adalah adanya penghalang pola pikir dan gangguan pola pikir dari luar. Penghalang kesuksesan ini bisa berasal dari pemikirannya, mindset berpikirnya, pola pikirnya, dan cara berpikirnya, serta dapat pula akibat dari gangguan eksternal, seperti intimidasi dari orang-orang.

Seseorang terbentuk pola pikirnya sejak masih bayi hingga dewasa. Didikan pola pikir terutama dari keluarga, lalu teman dan sahabatnya, serta lingkungan sekitar. Sebenarnya mendidik anak itu sangat sulit, dimana diperlukan keterampilan khusus. Mendidik anak jaman sekarang berbeda dengan mendidik anak di jaman mendatang. Oleh karenya, sebagai seorang ibu atau pendidik senantiasa menambah ilmu pendidikan. Itulah pentingnya keluarga, sebagai pendidik pertama seorang anak manusia. Dengan begitu, pola pikir keluarga akan menjadi pula pola pikir anak. Sehingga ada pepatah buah takkan jatuh jauh dari pohonnya.

Penghalang kesuksesan yang lainnya, dan inilah yang utama adalah adanya rasa gangguan eksternal sehingga kesuksesan tidak dapat diraih. Misalnya, ketika kita hendak melakukan kebaikan ada bisikan-bisikan penghalang agar kita jangan melakukan perbuatan baik itu dengan alasan yang meyakinkan dan mengerikan. Nah, kita pun jadi mengurungkan niat baik kita. Itulah yang disebut penghalang kesuksesan yang utama.

Gangguan eksternal itu berasal dari bisikan setan yang selalu menganggap baik yang buruk, dan selalu menganggap buruk itu baik. Setan pun berusaha mencegah manusia melakukan kebajikan dengan bisikan-bisikannya dengan alasan meyakinkan. Padahal kalau kita ikuti kata hati sendiri atau mengikuti jalan yang benar maka tidak ada alasan tidak mengerjakan kebajikan. Dan alasan setan itu tidak masuk akal hanya ilusi semata.

Jadi, ada dua penghalang yang harus dihilangkan atau diminimalkan oleh manusia agar meraih kesuksesan, yakni penghalang didikan keluarga yang tidak sukses. Dan yang kedua, penghalang bisikan setan yang hanya ilusi. Semoga kita dapat menghilangkan atau meminimalkan penghalang itu hingga kesuksesan begitu amat mudah diraih. Dan itulah cita-cita kebanyakan orang, akan tetapi kebanyakan orang tidak melakukannya hingga mereka jadi orang terpuruk. Salam Sukses!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar